20 September 2012

Membeli Emas Batangan

Dulu, ketika saya mendengar kata emas batangan, biasanya saya membayangkan emas batangan itu bentuknya balok segede batu bata merah seperti apa yang pernah saya lihat difilm – film. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, karena emas batangan atau disebut juga dengan Logam Mulia atau LM beratnya sangat bervariasi. Mulai dari 1 gram sampai dengan yang 1000 grampun ada. Kalau baloknya segede batu bata, beratnya berapa kilogram ya?


Emas batangan atau emas lantakan bentuknya lebih seperti lempeng atau keping saja, dimensi panjang x lebar x tebalnya sebanding lurus dengan beratnya. Artinya semakin berat emas batangan, maka semakin besar pula ukuran dimensinya.
Berikut adalah ukuran dan berat dari keping emas batangan buatan PT. ANTAM Tbk. :



1. Berat 1 gr ukurannya : (maaf saya belum mendapatkan ukurannya)
2. Berat 2,5 gr ukurannya : (maaf saya belum mendapatkan ukurannya)
3. Berat 3 gr ukurannya : 16.7 x 10 x 0.93 (mm)
4. Berat 5 gr ukurannya : 20.5 x 12.3 x 1.03 (mm)
5. Berat 10 gr ukurannya : 27.5 x 16.5 x 1.2 (mm)
6. Berat 25 gr ukurannya : 33.3 x 20 x 1.95 (mm)
7. Berat 50 gr ukurannya : 42.5 x 25.5 x 2.4 (mm)
8. Berat 100 gr ukurannya : 50 x 30 x 3.45 (mm)
9. Berat 250 gr ukurannya : 57 x 34.5 x 5.15 9mm)
10. Berat 1000 gr ukurannya : 118 x 50 x 15 (mm)

Emas batangan produk ANTAM mempunyai kadar 24 karat dengan tingkat kemurniannya sampai dengan 99.99% atau ada yang tertulis dengan angka .9999
Konon katanya, di dunia ini hanya ada 55 perusahaan yang bisa memurnikan emas sampai dengan 99.99%. Dan kita sebagai orang Indonesia bisa sedikit berbangga dan bersenang hati karena PT. ANTAM dengan Unit Logam Mulia-nya dipercaya dunia termasuk salah satu dari 55 perusahaan tersebut.
Bila anda berniat untuk investasi emas batangan, saya menyarankan anda membeli emas yang diproduksi oleh perusahaan – perusahaan terebut, karena emas ini bisa dijual diseluruh dunia.

Satu hal lagi yang harus anda perhatikan ketika membeli emas batangan adalah pastikan bahwa emas batangan yang anda beli disertai dengan sertifikat.
Di sertifkat tersebut biasanya tertulis nama perusahaan, Component, berat, kemurnian, dimensi dan ID Number dari emas batangan. Pada emas batangan akan tercetak ID Number sesuai dengan yang ada disertifikatnya.




Ok, bagi anda yang berniat mau berinvestasi emas batangan, berikut adalah tempat – tempat yang menjual emas batangan dengan sertifikat ANTAM :

1. PT. Antam Tbk.
Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia
Jl. Pemuda - Jl. Raya Bekasi KM.18
Pulogadung, Jakarta 13210
Tel. (62 21) 475 7108
Fax. (62 21) 475 0665
Email. lm@logammulia.com
Website : http://www.logammulia.com/

2. PT. ANTAM Tbk.
Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Surabaya
Jln. Genteng kali 67B
Surabaya
Tel. (62 31) 5491868 ; 5491723
Fax. (62 31) 5357480

3. Tokomas Aneka Logam
Mall Artha Gading lantai dasar Blok A6/7

Jl Boulevard Artha Gading
Kelapa Gading Jakarta Utara
Telp 021 2367 8910
       021 2796 2288
       0816 992 599
4. Toko Emas Ibu Kota
Jln. Cikini Kramat No. 1, Pasar Cikini
Jkarta Pusat 10330
Tel. (62 21) 31931621
Fax. (62 21) 31926282
Website : http://www.goldgram.co.id/

5. Toko Mas Favorite
Kramat Jati Indah Plaza lantai Dasar Blok S No.60
(selantai dengan Carrefour)
(021) 80880301

6. Toko Princess Jewellery
ITC Cempaka Mas Lantai LG No. 73
(dekat Hollang Bakery / selantai dengan Carrefour)

7. Toko emas Princess J & G Gajah Mada Beralamat: Jln Gajah Mada 19-26 tepatnya pada Gajah Mada Plaza 82-83
Lantai.2. Tlp.634-1243

8. Dunia Emas
Mega Mall (GIANT)
Bekasi Barat
Tel. (62 21) 8885 0225

Semoga bermanfaat bagi anda yang berminta untuk berinvestasi di emas batangan....

Baca juga artikel menarik lainnya :

6 comments:

  1. Met malam mas...wah lengkap bener y info na mas...slam hangat mas

    ReplyDelete
  2. mohon maaf sebelumnya saya pernah punya kejadian tidak menyenangkan dengan Toko Emas Ibu Kota dicikini beberapa tahun yang lalu sbb:
    langsung pd intinya waktu itu saya datang ke toko tsb dan menayakan apakah bisa pesan cicin platinum dan apakah pernah memproduksi sebelumnya ybs menjawab bisa dan pernah membuatnya kemudian berakhir dengan saya pesan cicin platinum untuk cicin kawin. Kata enci penjual disana bisa/mampu membuatkan cicin tsb dengan jangka waktu 2 minggu, harga yang ditawarkan per gram kalau tidak salah berkisar Rp.500rb an dan saya pesan dengan berat kurang lebih 11grm. Ybs memintakan DP kepada saya dan saya berikan sekitar 40% dengan maksud agar pengerjaannya lebih cepat. namun setelah 2 minggu berlalu sy menghubungi toko tsb dan dijawab belum selesai setelah 4 hari berikutnya saya datengi toko ibu kota di cikini ybs minta tambahan waktu 1 minggu lagi setelah 1 minggu sy coba hubungi belum jadi juga, sd 5 hari berikutnya lalu saya coba mendatanginya kembali karena sudah mepet dengan hari pernikahan saya tapi diluar dugaan saya ybs malah memperlihatkan kpd saya cicin yang masih dalam proses pekerjaan beserta data pembelian dari antam dan mengatakan bahwa mengerjakan cicin platinum itu susah (dengan nada agak tinggi) krn harus dengan suhu berapa derajat selsus dan bla...bla..penjelasan yang tidak bertangung jawab sesuai dengan kesepakatan awal. yang lebih fatal menurut sy, ybs menyangka bahwa saya sengaja untuk memesan cicin tsb untuk ngerjain toko tsb yang belum pernah mengerjakan cincin platinum sebelumnya. sedangkan diawal saya sudah menanyakan pengalaman sebelumnya dan ybs menjawab sudah biasa. kemudian dengan rasa kecewa saya minta kembali Dp yang telah saya setorkan tetapi ybs malah bersedia mengembalikan Dp dengan potongan sekitar 30% atau ybs masih mau meneruskan pembuatan cincin tsb dengan harga baru sebesar 800rb/gram dan tambahan jangka waktu selama 3 minggu setelah berunding dan dengan sangat terpaksa saya ambil pengembalian Dp tsb yang telah dipotong sebesar 30%tsb. SAYA SANGAAAAAAAAAAT KECEWA BERTRANSAKSI DI TOKO EMAS IBU KOTA CIKINI

    ReplyDelete
  3. @arief, terimakasih atas kunjungannya, salam hangat juga dari saya.
    @sandi, terima kasih atas sharingnya, semoga bermanfaat untuk rekan blogger yang akan berinvestasi emas.

    ReplyDelete
  4. Wah ilmu yang sangat berguna nieh,... jadi kalau beli emas di antam aja..

    ReplyDelete
  5. Kami toko emas di cikini juga menjual logam mulia sertifikat Antam:
    kunjungi web kami www.antamlogammulia.com

    untuk keaslian dijamin dan harga termurah..
    Thx...

    ReplyDelete
  6. Di Antam ataupun di toko - toko yang lain juga bisa.

    ReplyDelete